Senin, 16 Februari 2015

Apa itu Handphone Refurbish dan NOS

Saat ini mulai banyak yang menawarkan barang dengan label refurbish atau NOS terutama di penjualan online misalnya di ebay, amazon, bahkan di tempat penjualan online lokal seperti lazada atau kaskus. Lalu apa sih perbedaan barang refurbish dan NOS dengan yang baru atau dengan barang bekas atau rekondisi. Berikut penjelasan singkatnya.  


Refurbish

Istilah refurbish banyak digunakan untuk barang elektronik seperti komputer, gadget atau handphone. Refurbish adalah barang yang kembali ke produsen sebelum sempat dipasarkan, karena berbagai alasan, misalnya karena produk rusak saat diuji coba. Dalam artian barang masih dalam kondisi baru, belum digunakan dan belum diperjual belikan namun telah mengalami perbaikan. Sehingga barang refurbish ini dijual dengan harga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan barang baru yang langsung lulus uji coba. Barang refurbish akan dijual seperti layaknya barang baru dengan memiliki paket penjualan lengkap seperti dus box, garansi, dll. Barang refurbish bukan hanya barang yang tidak lolos uji coba namun juga mencakup :
  • Item yang digunakan dalam uji lapangan, untuk ditampilkan dalam pemasaran atau demonstrasi. 
  • Produk yang dikembalikan karena alasan lain selain cacat yang tidak lolos uji coba oleh produsen.
  • Produk yang dikembalikan ke produsen karena kotak atau item yang rusak dalam pengiriman atau pendistribusian. 
  • Unit yang sebelumnya disewakan dan kemudian dijual kembali setelah berakhir masa sewa.
  • Produk yang telah diaktifkan namun kemudian diambil kembali oleh produsen untuk pengembangan (upgrade). 
  • Barang yang telah disumbangkan ke organisasi amal atau nirlaba, namun kemudian dijual. 

Produk refurbish biasanya akan diberi label dengan contoh seperti ini :    


Rekondisi

Berbeda dengan refurbish, barang rekondisi merupakan barang yang telah dipasarkan kemudian mengalami perbaikan. Dalam hal ini barang rekondisi bisa diperbaiki oleh siapa saja tanpa harus adanya campur tangan produsen. Rekondisi dalam artian yang lebih mudah adalah barang bekas yang telah diperbaiki sehingga menjadi seperti barang baru. Dalam rekondisi barang yang diperbaiki akan memiliki fungsi awal seperti saat pembelian, contohnya sebuah gadget bekas dengan beberapa goresan bekas pemakaian akan diperbaiki dengan spare part baru sehingga tampak seperti barang baru lagi. Untuk garansi, barang refurbish akan diberikan langsung oleh produsen sedangkan untuk barang rekondisi hanya akan diberikan garansi personal oleh pihak yang telah merekondisi barang tersebut. Dalam penjualan untuk barang refurbish biasanya akan diberi label refurbish sedangkan barang rekondisi akan diberi label bekas.    

NOS (New Old Stock)

NOS merupakan singkatan dari New Old Stock, istilah ini banyak digunakan untuk barang baru namun stock lama atau barang yang lama tak terjual. NOS tidak hanya digunakan untuk barang elektronik namun juga barang non elektronik. Untuk barang elektronik sendiri istilah ini sering digunakan untuk penjualan Gadget lawas atau jadul. Barang NOS terjadi karena memang barangnya telah lama dipasarkan tapi tak terjual habis, namun juga ada yang dengan sengaja disimpan di gudang untuk kemudian dijual kembali suatu saat nanti, contohnya misalnya sebuah toko elektronik yang memiliki produk ericsson hiu yang sengaja disimpan karena gadget lawas ini harganya semakin lama akan semakin tinggi, seiring dengan semakin langkanya produk tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa itu Handphone Refurbish dan NOS

0 komentar:

Posting Komentar